Jumat, 25 Agustus 2017

Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi Jawa Timur

Wisata Pantai Penyu Sukamade Banyuwangi Jawa Timur


Pantai SukamadeWisata Banyuwangi Jawa TimurTaman nasional bromo tengger semeru adalah taman surga bagi para pecinta pendakian gunung (Trekking Tour), Beda lagi dengan Taman Nasional Meru Betiri, Taman nasional (National Park) ini terkenal dengan sebutan surganya flora dan fauna sebagai mana taman baluran situbondo. Di Taman Nasional Meru Betiri ini terdapat sebuah pantai penangkaran penyu terkenal dengan sebutan Pantai Sukamade. Pantai Sukamade atau Pantai Penyu Sukamade tour adalah surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Pantai Sukamade merupakan habitat tempat penyu-penyu raksasa yang mulai tergolong langka untuk bertelur. Di kawasan pantai ini terdapat juga penetasan semi alami untuk menetaskan telurtelur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas. Disini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu serta mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Sukamade TourWisata Pantai Sukamade Banyuwangi

Pantai Penyu Sukamade – Pantai Plengkung – Gunung Ijen adalah tiga tujuan wisata utama di Banyuwangi, Ketiga tempat wisata ini menjadi andalan sektor pariwisata Banyuwangi, dan dikenal dengan istilah Triangle Diamonds (segitiga berlian). Karena jika ditarik garis lurus yang menghubungkan lokasi ketiga tempat wisata tersebut, maka akan terbentuk sebuah segitiga.
Sejarah Pantai Sukamade Banyuwangi, Sejarah singkat atau asal usul pantai sukamade pada mulanya ditemukan oleh koloneal belanda pada tahun 1927. Sukomade merupakan hutan lindung alam di Jawa Timur yang berhubungan dengan penangkaran penyu. Di sini juga terdapat perkebunan karet, kopi dan coklat di areal seluas 1200 hektar.
Lokasi Pantai Sukamade Banyuwangi, Sukamade sendiri adalah sebuah Dusun yang masih masuk wilayah Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini, letaknya searah dengan Pantai Rajekwesi dan Pantai Teluk Hijau. Jika Anda sudah sampai di Teluk Hijau dan memiliki waktu yang cukup, sayang jika tidak sekalian melanjutkan perjalanan ke Pantai Sukamade. Jaraknya hanya sekitar 15KM lagi. Walau jaraknya relatif dekat, tapi membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya, mengingat medan jalannya berbatu dan harus melewati sungai, sangat menjanjikan petualangan yang menantang adrenalin.
Habitat Penyu Di Indonesia, Pantai ini merupakan habitat penyu terbesar di Indonesia dan selain pantai ngagelan, sukamade adalah lokasi penyu bertelur di Banyuwangi. Sukamade adalah tempat bertelur penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Pacific. Hal ini tidak lepas dari letak Sukamade yang terpencil, sehingga penyu-penyu bisa bertelur dengan lebih aman, minim gangguan manusia dan habitatnya pun terjaga.
Musim Penyu Bertelur Di Sukamade, Penyu merupakan binatang laut yang sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu, adapun perbedaan penyu denan kura kura adalah kalau penyu hidup di laut sedangkan kura-kura hidup di air tawar, Musim bertelur penyu terjadi sepanjang tahun, tiap penyu akan bertelur sekitar 4 sampai 6 kali setiap tahunnya dengan interval masa peneluran selama 12 sampai 14 hari. Meskipun demikian, pada musim-musim tertentu, biasanya selama 2 sampai 5 bulan dalam setahun terjadi produksi telur melimpah. Di Indonesia produksi paling melimpah terjadi pada musim kemarau, yaitu antara bulan Juli dan Oktober. pada mulanya dalam sehari penyu yang mendarat bisa mencapai 80 ekor, mulai dari petang sampai pagi, namun belakangan jumlahnya terus menurun hingga tinggal belasan ekor saja. Salah satu penyebabnya banyaknya kapal-kapal nelayan pencari ikan disekitar pantai dengan memasang lampu kapal yangmembuat lokasi perairan menjadi terang. akibatnya penyu menjadi takut untuk mendarat karena ia tidak suka cahaya. Karena itu dipantai dilarang menyalakan lampu supaya kondisi pantai tetap gelap gulita untuk membuat kondisi sealami mungkin bagi penyu mendarat.
Penyu Hijau – Penyu Sisik – Penyu Slengkrah – Penyu Belimbing, Di sini ada empat spesies penyu bertelur, yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). Dari empat spesies penyu tersebut, Penyu Hijau adalah jenis paling banyak bersarang serta mudah ditemukan bertelur di Pantai Sukamade, Karena itu Pantai ini pantas juga disebut sebagai tempat pendaratan penyu hijau terbaik di Indonesia.
Jalan Ke Pantai Sukamade Banyuwangi, Untuk mencapai alamat Pantai Sukamade, jalur atau akses nya bisa kita mulai dari surabaya atau malang, namun jarak paling dekat adalah dari kota Banyuwangi, Situbondo atau Jember. Dari bantuwangi ke ke Pantai Sukomade jaraknya sekitar 97 km ke arah barat daya. Lokasi Pantai Sukamade masih satu arah dengan Pantai Rajekwesi maupun Teluk Hijau yang sama-sama berada diwilayah Taman Nasional Meru Betiri.
Transportasi Menuju Sukamade, Kendaraan yang paling ideal untuk mencapai Pantai Sukamade adalah menggunakan mobil 4×4 atau Jeep Sukamade sebagaimana kendaraan Jeep Bromo. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka tidak ada transportasi yang langsung menuju Pantai Sukamade.
Rute menuju Pantai SukamadeUntuk akses atau rute bisa ditempuh dari arah Banyuwangi kota di timur (rute dari Situbondo) atau dari Jember di sebelah barat. Untuk rute atau akases jalan dari banyuwangi atau situbondo menuju sukamade adalah Sukamade -jajag – pesanggaran – sarongan – rajegwesi – sukamade tour. Untuk jalur Jember atau dari Surabaya adalah jember atau surabaya – jajag – pesanggaran – sarongan – rajegwesi – sukamade tour.
Kecamatan Jajag adalah titik transit, karena baik rute dari timur (Banyuwangi kota) maupun barat (Jember) akan bertemu di Jajag yang merupakan jalan utama menuju Sukamade (Taman Nasional Meru Betiri). Untuk Kendaraan / Transpoertasi di terminal Jajag yang menuju Pesanggaran/Sanggar hanya ada dari pukul 7 pagi sampai 4 sore. Dari terminal Sanggar ke Sarongan/Rajegwesi tersedia angkot dengan tarif kurang lebih IDR 10.000. Biasanya beberapa angkot hanya berhenti sampai pasar Sarongan, sebelum Rajegwesi. Rajegwesi sendiri adalah sebuah desa yang ada di Taman Nasional Meru Betiri, sekaligus menjadi pintu gerbang jika ingin memasuki Taman Nasional Meru Betiri.
Sepanjang perjalanan antara Rajegwesi-Sukamade Tour, anda akan merasakan pengalaman seru yang tidak akan terlupakan seumur hidup anda. Jalanan yang berkelok, menanjak bebukitan, batuan yang terjal dan tanah yang berlumpur yang sengaja dibiarkan alami. Untuk mencapai Pantai Sukamade mau tidak mau kendaraan harus melewati sungai dengan kedalaman 40 cm bahkan kadang bisa mencapai 1 meter. Tidak hanya satu sungai, tapi ada lima anak sungai yang harus dilalui. Tiga diantaranya merupakan sungai besar, dimana pada musim hujan airnya bisa setinggi mobil jeep. Tentu saja ini akan menjadi petulangan atau adventure yang sangat menantang selama perjalanan anda ke sukamade tour.
Demikian info singkat mengenai Wisata Pantai Penyu Sukamade, Untuk informasi lebih lengkap mengenai paket wisata wisata Sukamadeharga paket wisatasewa Jeep BromoSewa Jeep Ijen serta fasilitas wisata, silahkan hubungi contact yang telah kami sediakan.
Pilihan Paket Wisata Bromo,Suarabaya, Jawa Timur :

Pantai Penyu Sukamade, Wisata Di Banyuwangi Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar