Selasa, 22 Agustus 2017

Snorkeling Gili Ketapang Probolinggo

Snorkeling Gili Ketapang Probolinggo


Selama ini kita mengenal Kabupaten Probolinggo hanya  memiliki wisata BJBR Probolinggo dan utamanya Wisata Gunung Bromo yang merupakan wisata gunung terkenal dengan keindahan Bromo Milky Way serta Bromo Sunrise-nya di puncak Penanjakan 1, Padahal tidak sebatas itu, Probolinggo juga memilki wahana wisata pantai yang jarang diketahui oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara, yaitu Snorkeling Gili Ketapang Probolinggo  yang juga dikenal Skin Diving Gili Ketapang, Tepatnya di pantai Yin-Yang pulau Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur.
Pulau Gili Ketapang sendiri adalah pulau seluas wilayah sekitar 68 ha, berbentuk sebuah desa dan pulau kecil terletak diwilayah Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo, anehnya, meskipun pualu ini berada di dekat Kota Probolinggo, tapi pulau ini masuk dalam wilayah, Kabupaten, Lokasi tepatnya wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. disamping menjadi salah satu tempat tujuan wisata, pulau ini termasuk kategori destimasi wisata alam terbaru di Probolinggo, yang dikenal dengan wisata Snorkeling Gili Ketapang.

Asal Usul Pulau Gili Ketapang

Asal asal pulau ini tidak terlepas dari mitos masyarakat setempat yang sebagian besar dihuni oleh Suku Madura, Konon, sejarah dari pulau ini dulunya menyatu bersama daratan desa Ketapang,  kemudian secara ghaib terpisah lalu bergerak lamban menuju tengah laut hingga sejauh 5 Mil, menurut cerita tersebut terjadi dikarenakan gempa dahsyat akibat letusan Gunung Semeru Lumajang.
Pulau tersebut mempunyai dua jenis pantai dengan kontur berbeda. Pada bagian barat dari pulau ini memiliki pantai pasir warna putih, selain dijadikan tempat melihat matahari terbenam (Sunset Tour), lokasi ini juga biasa dipakai untuk dermaga sebagai penghubung antara pulau tersebut dengan pelabuhan Tanjung Tembaga kota Probolinggo. Sementara dibagian timur kita akan menemukan pantai dengan hamparan karang-karang adalah pantai Yin-Yang yang juga memilki keindahan Wisata Sunrise-nya.

Akses ke Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Cara menuju ke Gili Ketapang bisa dikatakan cukup mudah. Jika rute dari Surabaya, Malang, Banyuwangi silakan ikuti jalur sampai ke kota Probolinggo. Sesampai di kota Probolinggo, anda bisa tanya  jalan menuju pelabuhan Tanjung Tembaga pada orang yang anda temui, sesampai di Pelabuhan Tanjung Tembaga, kita harus mengunakan kapal penyeberangan menuju Gili Ketapang, dan ternspotasi satu-satunya hanyalah kapal motor berkapasitas 20 orang, biasanya kapal hanya akan jalan bila sudah sesuai target. 
Jarak waktu tempuh dari Probolinggo ke Gili Ketapang sekitar 45 menit tergantung kondisi cuaca. dan psenyeberangan dimulai sekitar pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore hari. Sedangkan untuk penyeberangan dari Gili Ketapang ke kota Probolinggo sekitar pukul 06.00 pagi sampai pukul 18.00 sore. (waktu terbaik untuk penyebrangan adalah pagi-siang hari karena ombak lebih tenang).
Ketika anda berencana liburan ke Wisata Gunung Bromo dan sekalian mau mencoba sensasinya wisata Snorkeling Pulau Gili Ketapang, maka anda bisa mengambil program Paket wisata Bromo Snorkeling 2 hari 1 malam yang telah kami sediakan.
Untuk informasi selengkapnya tentang Wisata Snorkeling Gili Ketapang Probolinggo, paket wisata, harga paket wisata, hotel Bromo, Kawah Ijen, Malang Batu dan sewa transportasi wisata, seperti halnya, sewa Mobil Bromosewa Mobil Kawah Ijensewa Jeep Bromosewa Jeep Ijen serta fasilitas wisata lainnya, silahkan hubungi kontak kami.

Snorkeling Pulau Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar